Thursday, November 1, 2018

Mencicip Gurihnya Mie Anto Jl. Lombok Makassar




Bagi penggemar mie garis keras seperti saya, berkunjung ke daerah manapun, wajib hukumnya mencicipi mie yang khas di daerah tersebut. Nah, Mie Anto ini salah satunya.

Masih dari hasil wisata kuliner di Makassar, Sulawesi Selatan, dan masih dari hasil rekomendasi kawan baik saya, Tia jadilah kami menyambangi kedai Mie Anto yang terletak di Jl. Lombok.

Tia bercerita sedikit tentang asal muasal Mie Kering yang terkenal banget di Makassar. "Setau gue, masakan mie digoreng kering dan dikasih kuah gravy berisi ayam, telur, jeroan ayam, bakso dan sawi itu nanya 'Mie Kering'. Dulu kalo gak salah ada keluarga Tionghoa yang pengusaha mie lalu membuka restoran yang bernama 'Mie Titi'. Nah, lambat laun resto Mie Titi ini berkembang pesat dengan masakan mie keringnya. Jadi orag sering menyebut mie kering itu dengan sebutan Mie Titi. Well in fact, Mie Titi itu nama restorannya, bukan nama makanannya. Nah kedai Mie Anto, Mie Cengmie Aheng itu nama-nama kedai yang menjual menu mie kering. Tapi terlanjur orang kenalnya mie kering dengan sebutan Mie Titi."



Mie kering yang saya cicip di Mie Anto ini mirip-mirip seperti Ifu Mi kalo di Jakarta. Mie yang digoreng kering lalu disiram kuah kental dengan aneka topping seperti bakso, potongan daging ayam, atau aneka seafood. Gurihnya kuah yang kental nyemek2 itu terasa sangat nikmat. Porsinya cukup besar dan mengenyangkan.



Waktu saya datang di sore hari, cukup banyak pengunjung yang sedang bersantap di kios sederhana yang terletak di ujung jalan Lombok, kota Makassar ini. Patokannya, terletak di sebelah martaba MARKOBAR dan kedai kopi LaKopi.

Pokoke, recommended bangetlah kuliner yang satu ini. Kalau gak inget perut yang semakin munjung, rasanya gak cukup makan hanya seporsi. Hihihihi....

So, kalau ke Makassar jangan sampai melewatkan Mie Anto ini yaaa...

Jam Buka: Sore hingga dini hari.
Harga per porsi: Rp 19.000-an
Alamat: Jl. Lombok, Makassar.

Wednesday, October 31, 2018

Roti Hainan di Kedai Kopi La Galigo Makassar, Ku Jatuh Cinta!



Jatuh cinta pada gigitan pertama Roti Hainan di kedai kopi La Galigo Makassar, membuat saya tak bisa melupakan kelezatan roti kasur panggang, berisi selai kaya dan harumnya cinnamon yang menyeruak dari roti khas itu.

Perjalanan singkat saya di Makassar, Sulawesi Selatan, pada akhir Oktober 2017 lalu telah membawa saya ke berbagai kuliner enak, khas, dan tak terlupakan kelezatannya. Rasa-rasanya lidah saya ini sudah cocok banget dengan segala makanan yang ada di kota ini. Dari sekian jelajah kuliner Makassar ada satu yang betul-betul tak terlupakan. Roti Hainan di Kedai Kopi La Galigo!

Saya harus berterima kasih kepada kawan karib masa SMP dulu yang telah membawa saya ke kedai ini. Sepertinya dia tahu betul apa yang menjadi kegemaran saya. Ya, sebelumnya, Tia kawan saya itu, pernah membawakan kopi Toraja. Kebetulan Tia mengikuti suaminya yang penerbang Angkatan Udara untuk berdinas di Makassar selama kurang lebih sembilan tahun terakhir ini.

Tia tahu kalau saya suka sekali menyesap kopi lokal. Sore itu, usai puas jelong-jelong menyusuri Fort Rotterdam, artikel soal Fort Rotterdam menyusul yaaa.... Tia mengarahkan mobilnya ke kedai kopi La Galigo yang terletak di Jalan Arif Rate No.6 C, Makassar. Begitu sampai, saya bersorak sorai dalam hati, "Wahhh asyik banget tempatnya, PAS dengan selera saya yang doyan nongkrong di warkop!" Walaupun tempatnya juga bukan warkop sederhana, justru macam resto yang didesain dengan cozy bernuansa peranakan.

Setelah memilih posisi meja yang berada di luar, saya langsung memesan es kopi Toraja dan Roti Hainan. Kata Tia, roti ini enak banget. Okelah, saya percaya dia. Kenapa saya memesan es kopi? Karena lumayan lelah yaa habis berkeliling Fort Rotterdam di siang-siang bolong. Tenggorokan ini perlu disiram yang adem-adem hehehe....


Betul saja, barulah roti Hainan pesanan saya tiba, harumnya cinnamon sudah menyeruak ke mana-mana. Masih panas mengepul, tak sabar langsung saya potong roti panggang yang menyerupai roti kasur ini, tepat di tengah! Dan leppppp...masuk ke mulut dengan suksesnya!! Alamakkkk...lezat nian roti ini. Perpaduan manisnya selai kaya dan butter yang gurih serta roti yang masih hangat (cenderung panas sih abis ga sabaran yaaa pengen makan) betul-betul serasa membawa saya ke surgaa!! Enak banget coyyyy....! Semuanya serba PAS NIKMATNYA!! 

Kebahagiaan saya tak cukup sampai di situ karena sesekali diselingi dengan menyeruput es kopi Toraja. Tsahhhh...!! Nikmat Tuhan mana lagi yang kau dustakan...?

Sungguh bahagianya saya sangat sederhana bukan?
Sampai saat ini, selama hidup saya di Jakarta - Bekasi, kayaknya saya belum pernah merasakan sensasi kenikmatan roti panggang dan es kopi yang sedahsyat itu. 


Ah... kapan kembali lagi ku bisa ke sana? Anging mamiri, bawalah daku. @mamipanda

Saturday, October 13, 2018

Tindakan Tepat Saat Bayi Kejang




Moms mendapati si kecil tiba-tiba panas tinggi, mulai menggigil, lalu mengalami kontraksi dan seluruh ototnya kaku? Hati-hati, itu adalah tanda-tanda kejang. Ikuti 10 langkah berikut supaya Anda tak salah langkah!

  1. Jangan panik!!
  2. Tempatkan anak di tempat yang aman dan nyaman, miringkan badannya.
  3. Singkirkan benda apa pun yang bisa melukai anak di mana ia dibaringkan.
  4. Jangan memasukkan apapun ke dalam mulut, meski dengan maksud menghindarkannya agar tidak menggigit lidahnya sendiri! Benda tersebut bisa melukai dan menyumbat saluran pernapasan.
  5. Jangan menahan tubuh anak yang kejang! Gerakan penderita kejang biasanya spontan, tak beraturan dan tak bisa dicegah.
  6. Biarkan gerakan kejang berlangsung apa adanya. 
  7. Bila kejang disertai muntah, miringkan tubuh anak untuk menghindari tertelannya cairan muntahnya sendiri yang bisa mengganggu pernapasan. 
  8. Berikan obat diazepam rectal yang dimasukkan ke dubur (resep dari dokter) jika kejang lama tak berhenti.
  9. Dalam kondisi biasa, kejang-kejang ini umumnya hanya berlangsung beberapa detik, atau menit. Namun, jika kejang ternyata berlangsung lebih lama, lebih dari 10 menit, bawalah ke rumah sakit terdekat untuk menghindari risiko yang lebih berbahaya akibat terlambat mendapat pertolongan pertama.
  10. Waspadai bahaya yang bisa ditimbulkan kejang lama ini antara lain: terjadi gangguan napas, anak tidak bernapas atau biru, otak kekurangan oksigen sehingga bisa mengakibatkan kerusakan otak.
Yang Dilakukan Pasca Kejang
  • Periksa suhu tubuh anak. Apabila masih di atas 38 derajat Celcius kompres terus hingga suhu turun.
  • Kompres dengan air hangat. Jika diberi air dingin, otak akan menyangka bahwa suhu di luar tubuh dingin sehingga otak akan memerintahkan tubuh untuk menaikkan suhunya dengan cara menggigil sehingga memroduksi panas. Akibatnya suhu tubuh bukannya turun melainkan tambah panas.
  • Jika anak sudah sadar, berikan air minum.
  • Jangan diberikan makanan padat. Berikan makanan lunak yang mudah dicerna sedikit-sedikit tiap 1 - 2 jam.
  • Umumnya anak kejang tidak memerlukan perawatan di rumah sakit apabila orang tua   dapat cepat dan tidak panik mengatasi sendiri di rumah. Waktu penanganan yang cepat sangat penting untuk menghindari komplikasi kelainan pada syaraf pusat. Apabila kejang berlangsung lama dan berulang-ulang maka dianjurkan untuk membawanya ke rumah sakit dimana kemungkinan adanya penyakit lain seperti radang selaput otak, dan sebagainya.
Tip Mencegah Kejang
  • Jangan biarkan anak mengalami demam tinggi. Ini yang memicu kejang.
  • Berikan obat penurun panas sesuai dosis. Sediakan selalu obat jenis ini di rumah, seperti parasetamol.
  • Perbanyak minum air putih dan lakukan kompres hangat. 
 Artikel ini pernah dimuat di tabloid Mom&Kiddie, Edisi 11 Tahun IV
 

Sunday, October 7, 2018

Female Dominance - Kendali Perempuan di Atas Ranjang



Pada umumnya laki-laki lebih banyak mendominasi kegiatan bercinta. 
Namun tak sedikit pula yang menyukai kendali atas dirinya, dikuasai oleh perempuan.

Sebut saja Dandy (27), kerap mempraktikan berbagai variasi bercinta, salah satunya adalah femdom -kependekan dari female dominance. Bersama Ve (29) ia mengaku sangat menikmati aktivitas seksual tersebut. “Melihat Ve berada di atas saya, memacu jalannya permainan, membuat saya semakin turn on dan suasana terasa lebih 'panas',” aku Dandy. Bahkan tak jarang Ve mengikat kedua tangan Dandy ke sisi ranjang hingga tak bisa berbuat apa-apa. Kontrol sepenuhnya di bawah kendali Ve. Ganasnya Ve justru menjadi kenikmatan tak terbantahkan bagi Dandy.

Kepribadian Submisif
Gambaran female dominance seperti yang dilakukan Dandy dan Ve, biasanya dapat kita temukan dalam alur cerita di novel dewasa ataupun film biru. Dapat dikatakan bahwa 'femdom' ini merupakan bagian dari BDSM -BD yaitu bondage dan discipline, DS alias dominance dan submission, dan SM alias sadism dan masochism. Menurut DR. Dono Baswardono, AISEC, MA, PhD, bentuk dominasi dalam perilaku seksual semacam ini sangat luas, yang ekstrim bisa saja sampai melibatkan pemukulan, pencambukan, atau seks anal (dengan penis plastik yang diikatkan pada pinggang si perempuan, dsb. Akan tetapi tak sedikit laki-laki heteroseksual yang suka 'dipaksa' melakukan seks oral terhadap pasangannya, disebut dengan cunnilingus, ini juga bentuk dominasi.

Konselor pernikahan dan keluarga, seksolog, psikoanalis sekaligus grafologis ini juga mengungkapkan, laki-laki penyuka perempuan 'domina' atau 'domme' kepribadiannya submisif, suka diatur. Jika ditarik lagi ke belakang, selama hidupnya laki-laki seperti ini terlalu diatur oleh sang ibu, bahkan mungkin saja adalah korban kekerasan ibunya. Maka saat dewasa, ia juga mencari pasangan yang mampu mendominasi dirinya.

Sementara femdom dari sisi perempuan jumlahnya sekitar 25% dari seluruh pelaku BDSM. “Mereka biasanya dibesarkan oleh ibu yang juga sangat dominan dalam kehidupan sehari-hari, sementara ayahnya sangat submisif. Sewaktu kecil mereka sering melihat ayahnya disuruh-suruh ibunya, bahkan di depan umum,” urai Dono.

Perilaku Sehari-hari
Lain di ranjang, lain pula dengan penampilan keseharian mereka. “Pada perempuan, ada sebagian kecil yang penampilan sehari-harinya berbeda tapi kebanyakan femdom tampilannya justru tidak galak atau sangar. Bisa sangat tertib, pola hidup kaku, manajemen waktu sangat baik, perfeksionis, manis dan ramah tapi sulit dilawan karena selalu benar. Sedangkan pada laki-laki biasanya sehari-hari juga submisif, suka mengalah, tidak kompetitif, walau secara fisik tubuhnya bisa saja gagah, kuat,” tambah Dono.

Lalu, apakah hal demikian dapat dikategorikan sebagai kelainan? “Jika sebatas selingan, sesekali sebagai pembuktian atas fantasi bersama, tindakan dominasi 'ringan' - seperti cunnilingus tadi- tidak dianggap sebagai penyimpangan, khususnya jika disepakati bersama. Namun, bila frekuensinya sering dan memaksa pasangan, maka itu penyimpangan,” tutup Dono. #mamipanda
 
Artikel ini pernah dimuat di MALE Digital Magazine by Detikcom

Insomnia dan Cara Mengatasinya




Sudah berabad-abad saya akrab dengan insomnia. Vampir dong ya sampe berabad-abad. Hehehehe... Lama-lama penasaran juga kenapa saya insom terus dan apa sih penyebabnya? Lalu gimana mengatasinya? 

Jadilah saya browsing2 dan  menemukan berbagai fakta dari berbagai penelitian yang dilakukan orang-orang bule mengenai insomnia ini. Katanya, insomnia merupakan keluhan tidur yang paling umum dialami orang dewasa di Amerika Serikat (AS). Sekitar 30-40 persen mengalami insomnia dan sekitar 10-15 persen mengalami insomnia kronis.



Hal itu dipublikasikan oleh National Sleep Foundation dalam Insomnia and Sleep yang dipublikasikan dalam situsnya, Sleepfoundation.org, berdasarkan penelitian tentang gangguan tidur yang dilakukan oleh National Center for Sleep Disorders Research at the National Institutes of Health, sekitar 30-40 persen orang dewasa AS mengalami insomnia di tahun tertentu, dan sekitar 10-15 persen orang dewasa lainnya mengalami insomnia kronis, dimana insomnia berlangsung selama berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun.



Masih menurut Sleepfoundation.org, insomnia, yang dalam bahasa Latin diartikan sebagai "tidak tidur," adalah ketidakmampuan untuk tidur atau tetap tertidur. Insomnia juga digunakan untuk menggambarkan kondisi tubuh yang tidak segar saat bangun. Insomnia dapat menjadi masalah utama dalam diri individu atau karena penyebab lain, seperti gejala dari beberapa penyakit, atau kondisi lainnya seperti penggunaan obat-obatan.



Nah, supaya lebih komplit lagi penjelasannya, saya juga mewawancarai Dr. Andri, SpKJ, FAPM Psychosomatic Medicine Specialist dari RS Omni Alam Sutera. Begini kata beliau, “Ketika menemukan kasus insomnia, harus dilihat dahulu apakah ini merupakan insomnia yang terkait dengan gangguan medis lain, seperti penyakit jantung, kencing manis, prostat pada pria, penyakit paru obstruktif, radang sendi, atau kanker. Atau bisa juga insomnia yang terkait dengan gangguan kejiwaan seperti depresi, gangguan cemas, atau skizofrenia.”



Lebih lanjut Andri memaparkan tentang penyebab insomnia karena pola tidur, “Banyak kasus anak muda sekarang mengalami insomnia terkait dengan perubahan pola tidur yang berlangsung lama seperti suka bergadang, bekerja shift malam atau sampai dini hari, sehingga melewati batasan waktu tidur yang sebaiknya terjadi yaitu sebelum jam 12 malam.”



SOLUSINYA
Untuk mengatasi insomnia, menurut Andri, harus diatasi dahulu keluhan dasarnya, dan jika ada penyakit, diobati dahulu penyakit dasarnya. “Jika ada masalah gangguan jiwa, diobati gangguan jiwanya maka gangguan tidurnya juga akan membaik. Pada kasus yang berkaitan dengan perubahan pola tidur, perbaiki pola tidurnya,” saran Andri.



Mengenai obat yang harus dikonsumsi, psikiater ini menjelaskan bahwa pada beberapa kasus berat, obat insomnia yang sifatnya hipnotik tanpa efek samping sedatif/menenangkan lebih disarankan. “Apalagi kalau bisa yang bukan golongan benzodiazepine. Kalau tidak bisa juga maka dapat menggunakan obat antiinsomnia yang sifatnya menidurkan saja seperti estazolam. Salahnya, suka sekali pasien diberikan obat antiinsomnia golongan benzodiazepine yang efeknya menenangkan saja, seperti alprazolam, dikenal dengan merek Xanax. Akhirnya malah suka keterusan dan susah lepas karena seringkali dasar penyakit penyebabnya justru tidak disembuhkan,” tutupnya. 

Nah..nah... jadi, telusuri dulu ya penyebab utamanya apa? Sehingga memudahkan dokter untuk memberi solusinya. Jadi jangan ujug2 gak bisa tidur langsung minum obat tidur yaa... Kudu wajib konsultasi ke dokter! #mamipanda

Tulisan ini pernah dimuat di MALE Magazine by Detikcom